BBM for Android Gingerbread (GB) - BBM telah resmi di luncurkan oleh pihak Blackberry untuk android dan iphone. Namun seperti diinfokan oleh pihak Blackberry bahwa BBM untuk android hanya bisa di install pada android versi 4.0 ke atas atau Ice cream sandwich ke atas. Namun beberapa hari ini sedang ramai dibicarakan hampir di semua forum dan berita internet bahwa adanya BBM untuk android versi Gingerbread (GB). setelah ditelusuri ternyata sumbernya adalah berasal dari sebuah forum developer besar yakni forum XDA-Developer yang dimana saya sendiri adalah membernya. :)

Di forum tersebut memang ada sebuah thread yang membahas tentang adanya BBM yang telah di porting oleh salah satu member XDA yakni rjt3 yang katanya berhasil membuat BBM bisa di install di gingerbread. Setelah saya coba dan saya install memang BBM tersebut bisa terinstall dan memang support di gingerbread namun kendalanya adalah BBM tersebut tidak berjalan alias FORCE CLOSE. Force Close sendiri adalah dimana sebuah aplikasi di android yang memang ketika kita buka aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut tidak akan berjalan atau akan tertutup kembali dengan adanya pemberitahuan / alert permasalahan.

Ketika saya mengikuti terus thread BBM for android Gingerbread ini saya coba pelajari dan memang pihak rjt3 memberikan instruksi cara installasi BBM pada android gingerbread yakni, setelah file BBM apk di install, kita harus meng copy manual file lib kedalam folder system android dan mengubah setting permision nya menjadi r-w-r-r atau read write read read. File lib nya sendiri ada didalam file BBM apk yang bisa kita ambil setelah mengekstrak BBM apk bisa dengan winrar atau software compressor lainnya.

Namun memang cara tersebut tidak semua member atau bahkan hanya pihak developer sendiri yang bisa menginstallnya. Dan memang setelah saya coba terus ikuti thread xda tersebut sang TS tidak lagi muncul dan info terakhir saya lihat akun membernya sudah di banned oleh admin xda.

Sebenarnya BBM ini memang belum sepenuhnya bisa dipasang di android Gingerbread (GB) seperti percakapan saya dengan salah seorang member bahwa memang BBM punya lib sendiri yang tidak semua developer bisa mengotak-atik nya , hanya pihak developer Blackberry sendiri yang bisa merubahnya kecuali ada master-master developer yang memang sangat handal.

BBM ini bisa dinstall di gingerbread karena hanya merubah isi file AndroidManifest.xml yaitu merubah minimun SDK version dari ICS ke GB yaitu 14 (ICS) menjadi 10 (GB). Sehingga yang tadinya BBM ini hanya compatible di minimun OS ICS sekarang bisa diinstall di Gingerbread dengan kendala force close yang disebabkan oleh salah satunya perbedaan lib armv7 bawaan BBM yang tidak support di armv6 untuk Gingerbread.

Namun memang berita dari blackberry sendiri tidak menutup kemungkinan bahwa pihak blackberry akan mengeluarkan BBM untuk all versi android. berdo'a dan berharap saja. :D

Referensi : xda froum - http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2496483&

0 comments:

Post a Comment